Survei: elektabilitas Bima Arya masuk tiga besar

survei pertama untuk pilkada kota bogor 2013 dan dilakukan lembaga smart-pol menempatkan ketua dpp partai amanat nasional bima arya selama tiga besar dalam tingkat elektabilitas serta keterpilihan.

dia (bima arya) meraih 6,47 persen, juga masuk tiga besar pada tingkat elektabilitasnya, sesudah wakil wali kota bogor ahmad ru`yat dan artis syahrul gunawan, papar direktur riset smart-pol syahril ilhami dalam bogor, jawa barat, jumat sore.

smart-pol adalah lembaga survei dan bergerak di bidang survei, marketing dan politik, dalam mana penelitinya ada besar adalah mahasiswa pascasarjana institut pertanian bogor.

didampingi direktur politik auhadillah, saat memaparkan hasil survei pra-pilkada kota bogor 2013--2018, ia menunjukan bahwa dalam rangka menyambut proses demokratisasi dan berlangsung pada kota bogor itu, dengan begini smart-pol menggarap survei pra-pilkada yang diselenggarakan dalam 22-27 maret 2013.

ia menunjukan bahwa teknik pengambilan sample membeli probability sampling (multi-stage random sampling.

jumlah responden sebanyak 458 pihak dari enam kecamatan dan 20 kelurahan se-kota bogor dan dilaksanakan kepada warga daripada tingkat pendidikan tak sekolah juga tidak tamat sd sampai sarjana.

Lainnya: cincin pasangan murah - perak murah - cincin pasangan murah - cincin perak murah

pekerjaan responden mulai daripada petani/nelayan/buruh/tukang/pedagang hingga pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga, pegawai dan profesional. sementara status ekonomi diambil dari semua strata, mulai kelas bawah, menengah serta atas.

syahril ilhami mengajarkan kiranya tokoh yang disurvei meliputi 59 nama, yang didapatkan menurut info juga input daripada umum, tokoh partai, birokrat, public figur serta sumber Informasi yang lain.

menurut dia, ada tiga kategori yang ditekuni, yaitu popularitas, akseptabilitas (penerimaan/kesukaan) serta elektabilitas.

berdasarkan elektabilitas, dengan begini posisi tiga sulit dari 15 nama yang angkanya 1 persen ke atas, dengan begini urutannya pertama ditempati wakil wali kota achmad ru`yat (11,69 persen), kedua syahrul gunawan (9,95 persen) juga bima arya (6,47 persen.

popularitas artis

sementara itu, supaya kategori popularitas, yang dikerucutkan lagi pada posisi 15 besar, kelompok masyarakat penyanyi menempati posisi teratas.

posisi tiga sulit ditempati tiap-tiap dengan syahrul gunawan (58,46 persen), paranormal ki gendeng pamungkas (43,28 persen), dan ahmad ru`yat (37,81 persen).

untuk tingkat akseptabilitas, posisinya adalah syahrul gunawan (30,10 persen), ahmad ru`yat (22,30 persen) serta ki gendeng pamungkas (14,43 persen).

direktur politik smart-pol auhadillah menambahkan kiranya mereka sudah siap melayani konsekuensi bahwa survei itu hendak ditanggapi beragam, baik dengan warga maupun bakal calon yang mau berkembang.

itu risiko sebuah survei, makanya jika dituduh ada pesanan pun, kami siap. tapi, kami melakukannya dengan standar survei dan mampu dipertanggungjawabkan, ujarnya.