Polisi amankan tiga lagi pelaku pembakaran di Palopo

aparat kepolisian resor palopo menjerat tiga orang dulu dan diduga ikut serta di pembakaran kantor pemerintah kota palopo di kerusuhan mengenai pemilihan kepala daerah (pilkada) belum berlarut 2012.

menurut kabid humas polda sulawesi selatan juga barat kombes pol endi sutendi selama makassar, selasa, ketiga masyarakat yang ditangkap tersebut masing-masing at, su, suh. ketiganya tertangkap sesudah dua rekannya yang lain yakni ws alias c dan i telah diamankan lebih-lebih dahulu.

ia menungkapkan, supaya pelaku berinisial su diketahui berprofesi sebagai pegawai negeri sipil pada kabupaten luwu. sedangkan dua lainnya yang juga berstatus pns itu telah diamankan sehari sebelumnya yaitu at serta suh.

dengan ditangkapnya tiga pihak ini, total terduga pelaku pembakaran telah banyak lima orang. daripada kelimanya, anggota baru mau mengembangkannya dulu untuk menangkap kompolotan lainnya yang melakukan pelemparan bom molotov itu, ujarnya.

mantan wakapolrestabes makassar tersebut mengaku kalau pihaknya telah menambah kekuatan personel untuk mengendalikan situasi kota palopo pascakerusuhan yang terjadi akibat ketidakpuasan hasil perolehan suara dengan salah Salah satu kandidat yang kalah pada pilkada palopo, haidar basir-thamrin (hatita).

Lainnya: Dealer Honda - Mencari Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda

pembakaran dan terjadi selama minggu (31/3) telah melumpuhkan sejumlah pelayanan selama kantor pemerintahan dan itu juga dan merupakan alasan agar menambah pasukan untuk hal itu tidak dulu berlanjut, ujarnya.

personel gabungan yang dikerahkan pada antaranya dari brigadir mobile (brimob) polda sulselbar yang berjumlah sekitar 400 pihak. dari 400 tersebut, terdiri daripada datasemen a makassar juga datasemen b kota parepare.

selain pasukan dibandingkan brimob, dan banyak pasukan daripada unsur tentara nasional indonesia (tni) juga zat lainnya serta turut dan supaya mengamankan situasi kondusif di kota palopo.

kombes endi sutendi mengajarkan kronologis pembakaran itu terjadi sesudah massa yang diduga dibandingkan kubu hatita mendatangi kantor komisi pemilihan umum kota palopo website rapat pleno perhitungan suara putaran kedua.

proses perhitungan suara selama kantor kpu telah mendapat pengawalan ketat daripada aparat kepolisian dan dibantu dari tni dan unsur lainnya, namun jumlah massa jauh lebih besar.

awalnya berjalan kondusif dari pagi hingga siang hari, tapi setelah perhitungan beres dilaksanakan, massa dan berjumlah lebih daripada 500 orang itu datang serta langsung melempar juga membakar, ujarnya.

aparat gabungan yang berada di lokasi bekerja memukul mundur massa dibandingkan pasangan nomor urut lima ini, namun beberapa saat saling lempar terjadi, kebakaran tiba-tiba muncul dibandingkan kantor wali kota palopo.

sebelum api padam yang diikuti dengan kebakaran dalam tempat yang lain, antara lain kantor partai golkar, kantor panitia pengawasan (panwas) kantor camat wara timur dan kantor media palopo pos secara bersamaan juga ikut terbakar.

massa tandingan daripada pemenang putaran kedua, judas amir-ahmad syarifuddin (ja) dan jumlahnya hampir sama melalui massa nomor urut lima itu kemudian saling lempar bom molotov dan mencari benda lainnya berhasil dipukul mundur dengan pasukan pengamanan.

hingga ketika ini, situasi telah mulai terkendali, sementara anggota pengamanan masih tetap siaga mengantisipasi terjadinya kerusuhan lanjutan, tegas mantan wakapolrestabes makassar endi sutendi.