Dubes: jangan kerja di Malaysia tanpa kontrak

duta besar republik indonesia untuk malaysia, herman prayitno meyampaikan kepada penduduk negara indonesia dan ingin bekerja di malaysia untuk memiliki kontrak dan jelas agar tak malah ketemu janji manis kaum pihak dan tak bertanggung jawab.

"jangan bekerja di malaysia tanpa kontrak dan detail untuk tak menjadi korban penipuan," kata herman saat dijumpai selama gedung kbri kuala lumpur, malaysia, senin.

ia mencontohkan angka penipuan terhadap betul wni yang kedua kakinya patah setelah terjatuh daripada lantai dua rumahnya saat mau melarikan diri dari majikannya yang mau mempekerjakannya dijadikan pelacur.

herman menyampaikan kasus itu adalah salah Salah satu bentuk penipuan dan tentunya ini tidak bisa terulang dulu.

dalam persentasi di miri itu, lanjut dia, bagian perwakilan ri di serawak tentulah akan menyerahkan santunan dan perlindungan terhadap korban termasuk di bantuan hukum.

Lainnya: Dealer Honda - Harga dan Informasi Mobil Honda - Mencari Dealer Honda

agar kasus pada miri tersebut tak terulang dulu dengan demikian sudah selayaknya kepada mereka dan hendak kerja dalam negara ini tentulah mesti hapal apa yang hendak dikerjakan serta tersebut harus tertuang selama kontrak kerja yang gamblang.

selain itu, kata dia, kaum wni yang kerja dalam malaysia juga diminta supaya melamar konsentari dengan pelaksana penempatan tenaga kerja indonesia swasta (pptkis) dan sudah mendapatkan izin terjamin serta tercatat di departemen tenaga kerja dan transmigrasi (depnakertrans).

sedangkan kepada pihak pptkis diharapkan juga mengirimkan tki ke malaysia supaya benar-benar mematuhi ketentuan dan berlaku juga selektif memilih calon penerima tki tersebut.

"dan tentulah harus diperkuat melalui kontrak kerja yang gamblang," tegasnya.

sementara tersebut, pada para wni/tki dan telah berada di malaysia, bila ada permasalahan ataupun perkara mampu langsung menyewa santunan terhadap perwakilan ri yang terdekat.

"kbri kuala lumpur dan sejumlah perwakilan ri di negara ini ingin selalu siap membantu para wni/tki dan mengalami permasalahan kerja," ucapnya.

patah kaki

sebelumnya, seorang gadis asal pulau jawa patah kedua kakinya sesudah terjatuh dari lantai dua properti toko selama miri, sarawak, saat mau melarikan diri dibandingkan majikan yang mau mempekerjakannya dibuat pelacur.

saat kejadian selama jam 1.30 dinihari, korban yang dikenali dibuat nadia (23) coba melarikan diri melalui jendela belakang sebuah kamar selama tingkat dua rumah tersebut, demikian dilaporkan seluruh media lokal selama kuala lumpur, senin.

nadia mencari selimut dan diikat di jendela, tapi ikatan kain itu apa saja oleh karenanya ia jatuh dan mengalami patah pada kedua kakinya.

korban menyatakan telah berada selama miri dalam seminggu juga dijanjikan ingin dipekerjakan dijadikan artis selama suatu pusat hiburan.

"saya dijanjikan perhatian dijadikan penyanyi selama sebuah pusat hiburan pada sana dengan gaji lumayan. namun sementara aku cuma disuruh dengan majikan agar melayani konsumen lelaki yang datang ke pusat hiburan info saya bekerja," katanya.

jika menolak, lanjut dia, majikan ingin marah. "saya tertekan sehingga nekad melarikan diri."

menurut korban, begitu tiba selama miri dia bersama beberapa perempuan lain asal indonesia ditempatkan selama sebuah kamar.

"gerak-gerik kami diawasi dengan pilihan lelaki yang ditugaskan oleh majikan," ujarnya.