Jepang dan China tegang

perdana menteri jepang shinzo abe bersumpah hendak mengusir melalui mengunakan kekuatan, semua pendaratan china di kepulauan yang kedua negara tengah persengketakan setelah delapan kapal pemerintah china berlayar menuju perairan yang diperselisihkan itu.

bentrok terakhir meledak saat 168 anggota legislatif jepang mengunjungi kuil yasukuni pada tokyo dan dianggap simbol imperliasme masa kemarin jepang dan membeli marah china juga korea selatan.

tokyo memanggil duta besar china untuk jepang selasa ini sesudah delapan kapak milik bumn china berlayar ke perairan teritorial jepang.

pelayaran ini merupakan dan paling besar menuju perairan dan disengketakan dari tokyo menasionalisasi sebagian kepulauan itu september lalu.

Informasi Lainnya:

abe bersumpah hendak mencari kekuatan supaya mengusir semua upaya pendaratan china selama kepulauan di laut china timur tersebut.

kami mau mengambil langkah membuat melawan setiap upaya masuk ke teritorial air dan daratan kepalauan itu, kata shinzo abe menjawab pertanyaan parlemen.

kami tak akan pernah mengizinkan pendaratan. hendak alamiah terhadap kami supaya mengusir dengan kekerasan kalau (china) bekerja melakukan pendaratan, tegasnya.

kapal-kapal china berulangkali berlayar mengitari lima pulau dan dikontrol tokyo selama pilihan bulan belakangan oleh karenanya memicu sengketa diplomatik.

kapal-kapal pengintai maritim china memasuki zona 12 mil luar pulau-pulau dan disebut china diaoyu dan dengan jepang senkaku tersebut, kurang lebih jam 8 pagi waktu setempat ataupun 6 pagi wib.

sungguh tercela juga tak mampu diterima kapal-kapal pemerintah china berulang kali memasuki perairan teritorital jepang, papar kepala kabinet jepang yoshihide suga seperti dikutip afp.

sekelompok nasionlis jepang telah mengirimkan sembilan kapal ke area kurang lebih kepulauan dan dan diklaim taiwan itu.

kepulauan ini kaya ikan juga diyakini menyimpan sumber daya alam melimpah di dasarnya.