TKI korban kebakaran di Malaysia memprihatinkan

sekitar 200 tenaga kerja indonesia (tki) dan website tinggalnya selama malaysia terbakar, kondisinya memprihatinkan sebab disamping kehilangan harta benda mereka serta kesulitan memenuhi pemakaian sehari-hari dan cuma mengandalkan bantuan daripada penduduk indonesia yang lain yang bersimpati.

kami cuma berusaha supaya menyelamatkan anggota keluarga saja ternyata barang-barang pada dalam rumah kongsi (bedeng tetapi) tak sempat terselamatkan, papar zaki, pekerja asal pulau kangean, jawa timur, saat dijumpai selama lokasi kebakaran dalam sekitar kawasan alami heights condominium, seri kembangan, selangor, malaysia, minggu.

para korban hanya dapat menyelamatkan pakaian yang melekat pada badan oleh karenanya tidak punya gantinya. namun pilihan hari ini sederat bantuan telah datang daripada kaum warga indonesia yang bersimpati.

sudah ada beberapa pihak dan memberikan bantuan untuk pemakaian pakaian serta makanan. kami amat berterima kasih atas santunan daripada sesama warga indonesia dan kembali di malaysia, ungkapnya.

Informasi Lainnya:

mengenai karena kebakaran properti kongsi tersebut secara pasti belum dikenal, namun ada dugaan akibat hubungan arus pendek listrik.

kebakaran terjadi jam enam pagi masa malaysia atau menjelang subuh makanya kaum pekerja tak sempat menyelematkan harta bendanya.

menurut dia, kebakaran yang terjadi selasa pagi (7/5) tersebut tidak saja meludeskan tempat tinggalnya, tapi harta benda juga serta paspor dijadikan bukti kewarganegaraan ikut dilalap si jago merah tersebut.

namun demikian, tutur dia, para korban kebakaran tersebut tetap dipaksa bekerja dan apabila tidak ingin bekerja, pimpinan proyek mengancam mau memanggil polisi supaya mereka ditangkap karena tak sediakan dokumen.

sementara tersebut, kondisi tempat terserah pascakebakaran serta amat memprihatinkan sebab tidak bagus agar huni serta selama malam hari terasa dingin serta bila hujan dan air tidak rumit tergenang.

dalam situasi semisal tersebut, sejumlah pekerja mengikuti inisiatif agar membangun web tinggal darurat dengan memesan gubuk dari triplek di lantai dasar bangunan dan masih selama proses pengerjaan itu.

seharian kami membangun bersama gubuk tersebut dan sekarang sudah ada beberapa yang bisa digunakan, kata zaki.

bantuan sesama wni

sejumlah komunitas penduduk indonesia pada malaysia sesudah membeli info perihal musibah tersebut kini telah menyalurkan bantuan bagus secara langsung atau dikumpulkan bersama dengan sejumlah komunitas.

menurut danil daulay junaidy, asli wni dan turut membantu penggalangan santunan supaya korban kebakaran, kini ini santunan berupa makanan, minuman, obat-obatan, pakaian pantas manfaatkan sudah diberikan langsung ke tujuan kebakaran.

bantuan tersebut disamping daripada kbri kuala lumpur, dan datang daripada rombongan grup edukasi supaya bangsa (eub), mahasiswa universitas terbuka pokjar kuala lumpur, sikl, ormas muhamadiyah cabang kuala lumpur juga sejumlah daripada perusahaan.

hari ini diberikan santunan berupa pakaian anak-anak, baju agar orang dewasa, sepatu, sendal, topi, bantal, selimut, bahkan dorongan bayi mengingat ditempat kebakaran tersebut serta terdapat bayi berusia dua bulan, ungkapnya.

atas sumbangan wni itu, para korban kebakaran sangat berterima kasih sebab produk-produk seperti itu dan mereka butuhkan oleh karenanya dapat langsung dipakai.

bantuan tersebut amat diperlukannya, namun mereka juga harapkan mampu memperoleh santunan keuangan karena selain biaya mereka ikut terbakar, kaum pekerja tersebut sudah dua bulan belum terima gaji, ungkap dia.